UPTODATE STYLE / UPSTYLE.
Mata Pelajaran : wajib.
No regester MP : 03.452.(mengikuti no urut modul pd silabus)
Semester : ....??????
Waktu :
Teori / pengetahuan : 55 menit.
Praktek 150 menit
Persyaratan :
Siswa/i telah mengikuti :
1. Penataan Dasar.
2. Penataan Sanggul Moderen.
3. Penataan Sanggul Daerah
1.Pendahuluan
Up style adalah akroname dari Uptodate style, dan tidak berhunungan dengan Top Mass / Penataan atas pada teori penataan klasik. Upstyle lebih mementingkan keindahan, penggunaan teknik dan mode yang berlaku saat upstyle dibuat. Up style merupakan teori baru yang mengedepankan berpikir dan bertindak praktis, menampilkan skill penata rambut, adapun kesan penataan yang ditampilkan mengikuti teori klasik.Upstyle termasuk dalam penatan GALA bila dapat digunakan pada pesta malam, Dapat masuk sebagai penataan Fantasi bila Ornamen dan Penataannya rumit dan besar tinggi, dan sebagai media untuk menuangkan fantasi pembuatnya.
2. Tujuan intruksional Umum :
Setelah mengikuti pelajaran Upstyle para murid dapat : 1.Mengetahui teori penataan klasik dan moderen / Upstyle. 2.Dapat mengetahui Upstyle dan Topmass. 3. Dapat menyebutkan ciri-ciri Upstyle.
3.Tujuan Instruksional Khusus.
Setelah mengikuti pelajaran Upstyle siswa/i dapat :
1. Mengerti teori penataan/hair do Klasik
2. Mengerti teori penataan/hair do Moderen/Upstyle.
3. Dapat membuat Upstyle dengan media Human hair
4.Daspat membuat Uplstyle dengan media Manequin
4. Kegiatan Balajar
4.1. Materi : TEORI PENATAAN RAMBUT
4.1.1. Teori Penataan Klasik.
Untuk dapat mendalami teori moderen atau Upstyle sebaiknya kita mengerti teori klasik yang ditulis oleh : John liggeit , orang Inggris warga negara Prancis, dalam bukunya : Penataan rambut dan Perkembangannya. th 1973.oleh Balai Pusteka Jakarta.
John Liggit menyatakan dalam penataan rambut/hairdo ada lima penataan dasar menurut letak penataan.
1. Penataan simetris / Simetris Mass Arrgement.
2. Penataan Asimetis/Asimetris Mass Arrgement.
3. Penataan Puncak / Top Mass Arrgement.
4. Penataan Belakang / Back Mess Arrgement.
5. Penataan Depan /Frant MassArrgement.
Letak penataan pada teori klasik sangat dominan dan tidak boleh keluar dari zona pembagian letak.
4.1.2.Kesan yang dihadirkan pada penatan klasik.
1. Penataan simetris / Simetris Mass Arrgement
Kesan yang dihadirkan : Kaku, statis, keseinbangan, anggun.
2. Penataan Asimetis/Asimetris Mass Arrgement
Kesan yang dihadirkan : Dinamis, lincah, centil.
3. Penataan Puncak / Top Mass Arrgement
Kesan yang dihadirkan : Anggun, berwibawa, gagah, supel..
4. Penataan Belakang / Back Mess Arrgement
Kesan yang dihadirkan : Anggun, lembut, berwibawa, tua.
5. Penataan Depan /Frant MassArrgement
Kesan yang dihadirkan : Anggun, Keras, Sambong, Berwibawa, Dinamis.
4.1.3.Teori Penataan moderen / Upstyle..
Teoti penataan moderen disebut UpStyle singkatan dari Uptodate style. Penataan ini dimulai pada tahun 1998 di Amerika, diprakarsai oleh Vidal Sazon. Masuk ke Indonesia lewat penata rambut Rudi Hadisuwarno, Puspita Martha, Kusuma Dewi. Menurut Vidal Sazon, letak penataan rambut tidak penting, yang penting adalah kesan yang akan dihadirkanm sesuai dengan karakter pemakai, keseimbangan penataan, skill penata rambut, ormanem, alat dan kosmetik pendukung
Dengan demikian Upstyle berbeda dengan Top Mass pada teori klasik. Bila Upstyle sering menggunakan penataan Top Mass, karena penciptanya ingin menghadirkan kesan Anggun, berwibawa, gagah, supel..
4.1.4. Beberapa Contoh Upstyle :
4.1.4.a .Upstyle media Humanhair.
Upstyle dengan letak penataan top mass, sebagai pendukung keseimbangan penataan front mass.
Upstyle dengan letak penataan Cron Mass, penataan belakang sebagai pendukung keseimbangan sanggul
Upstyle dengan letak penataan kanan atas Asimeris,
Upstyle dengan letak penataan Asimeris setengah lingkaran.
4.1.4.b. Upstyle dengan media Manequin
5.1 Petutup.
5.1.2. Resumi pembelajaran .
5.1.3. Tanya jawab / diskusi .
51.4. Informasi pembelajaran pertemuan berikutnya.
Berdoa >>>>>>>>>> AMINNNNNNNNNN
Jhon Liggeit
Penataan rambut dan Perkembangannya. th 1972.Balai Pusteka Jakarta.
LeiPalladino.
The Principles and Practice of Haridressing, 1974. Eso London.
H.I. Roswoto. Dra. MPd.
Bahan Penataran Pendidikan Guru Non Formal.Yayasan Insani Jakarta.
4.2.1. Materi : Demo Guru dan Praktek Siswa Upstyle Almira.
4.2.2. Media : Humanhair.
4.2.3. Panjang rambut 60 cm, tebal dan lebat.
4.2.4. Model telah menggunakan makeup dan busana yang sesuai.
4.2.5. Waktu demo 50 menit. Praktek siswa : 100 menit.
4.2.6. Ilustrasi Upstyle Almira. Kesan yang dihadirkan : Angun, berwibawa, sombong
4.2,7. Alat dan Kosmetik : Catok, Jepit bebek, jepit besar jepit kecil. harnal / hair pint besar, sedang, halus. deb, dst. Kosmetik : hairspry basah, kering, gel.
4.2,8. Asesoris : liontin besar.
4.2.9. Bahan bantu, Tiga Cemara pupuk coklat, 40 cm.
4.2.10. Cara membuat Upstyle Almira : ????????????????????9 silahkan di Isi.
4.2.11. Koreksi akhir : lihat sanggul / karya dengan mundur satu setengah langkah, dan amati saksama.
4.2.12. Siswa Praktek Upstyle Almira /Bimbingan / Koreksi/ tanya jawab/ diskusi / penilaian .
4.2.13. Informasi pertemuan pembelajaran berikutnya.
4.2.14. Penutup: Berkemas, Berdoa >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> AMINNNNNNN.
Pustaka :
??????????? ( cari dan Tulis )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar